Thursday, August 29, 2013

Tuaian #1; Minimal 72% ???

Yesus sudah pasti tidak sedang bercanda ketika Ia katakan bahwa tuaian itu banyak tapi pekerja sedikit. Apabila Ia katakan tuaian itu "banyak" maka itu pasti artinya benar-benar banyak. Berita gembira buat kita bahwa Yesus tidak pernah gagal atau keliru dalam bernubuat - tidak seperti beberapa orang yg masih doyan bermain-main dengan "loe-boeat".

-------------------------------

Mat_9:37-38 "Maka kata-Nya kepada murid-murid-Nya: "Tuaian memang banyak, tetapi pekerja sedikit. Karena itu mintalah kepada tuan yang empunya tuaian, supaya Ia mengirimkan pekerja-pekerja untuk tuaian itu." Rev_5:9 Dan mereka menyanyikan suatu nyanyian baru katanya: "Engkau layak menerima gulungan kitab itu dan membuka meterai-meterainya; karena Engkau telah disembelih dan dengan darah-Mu Engkau telah membeli mereka bagi Allah dari tiap-tiap suku dan bahasa dan kaum dan bangsa. Rev_7:9 Kemudian dari pada itu aku melihat: sesungguhnya, suatu kumpulan besar orang banyak yang tidak dapat terhitung banyaknya, dari segala bangsa dan suku dan kaum dan bahasa, berdiri di hadapan takhta dan di hadapan Anak Domba, memakai jubah putih dan memegang daun-daun palem di tangan mereka. Rev_14:15 Maka keluarlah seorang malaikat lain dari Bait Suci; dan ia berseru dengan suara nyaring kepada Dia yang duduk di atas awan itu: "Ayunkanlah sabit-Mu itu dan tuailah, karena sudah tiba saatnya untuk menuai; sebab tuaian di bumi sudah masak."

--------------------------------

Penyataan nubuatan tuaian banyak diatas sudah seharusnya memiliki implikasi mendalam dalam keimanan orang percaya, karena itu adalah suatu ramalan yang harus terjadi dan pasti akan terjadi terlepas dari kita siap atau tidak; mau atau tidak; mengerti atau tidak. Harusnya nubuatan Yesus ini men-DRIVE hidup kita sehingga kita bersedia membayar harga APAPUN itu untuk terlibat di dalamnya. Bersediakah kita tanggalkan "atribut" kita dan merendahkan diri menjadi sama dengan ybs? Bukankah teladan yang sama diberikan Yesus ketika Ia ber-intervensi dan ber-inkarnasi dalam sejarah dan budaya manusia 2000 tahun lalu, mengosongkan dan merendahkan diri, mengambil rupa sebagai hamba dan menjadi sama dengan manusia demi menyelamatkan manusia yang selalu mengkhianati-Nya? Bagi Bapa di Surga: "Tidak ada cara lain lagi". Inilah jantung dari Injil!

-------------------------------------

Tapi...Berapa banyakkah arti kata "banyak" itu? How big is BIG? Apakah 10% cukup? 20% cukup? 30% cukup? atau 40% cukup? Setidaknya Alkitab memberikan 'clue' sbb:

Isa_11:9 Tidak ada yang akan berbuat jahat atau yang berlaku busuk di seluruh gunung-Ku yang kudus, sebab seluruh bumi penuh dengan pengenalan akan TUHAN, seperti air laut yang menutupi dasarnya. Hab_2:14 Sebab bumi akan penuh dengan pengetahuan tentang kemuliaan TUHAN, seperti air yang menutupi dasar laut.

Ayat ini menjelaskan bahwa akan ada masanya ketika bumi akan penuh dengan pengenalan akan TUHAN seperti...? Seperti air laut yang menutupi dasarnya. Kita tahu bahwa ilmu pengetahuan mengatakan bahwa prosentase lautan memenuhi luas bumi adalah 72%. Apakah Alkitab ingin mengatakan/menubuatkan bahwa MINIMAL ketika Tuhan Yesus datang kembali akan ada 72% orang yang diselamatkan? Silakan Sdr memiliki tafsiran sendiri-sendiri, tetapi saya memilih mempercayai bahwa ketika Tuhan datang kelak MINIMAL akan ada 72% populasi manusia bumi yang diselamatkan. Dan saya pikir pada kenyataannya akan menyentuh prosentase yang amat tinggi, jauh diatas 72% - terlepas dari berapa banyak orang percaya yang meninggalkan imannya di akhir zaman ini, Tuhan rupa-rupanya bekerja dibalik layar melawat dan mendatangkan keselamatan bagi lebih banyak orang lagi - seringkali tanpa sepengetahuan kita! When God moves, He never ask for our permission.

Saya tidak percaya jika Tuhan menciptakan stadion sepakbola benar-benar bertujuan agar para bintang sepakbola bermain disitu. Stadion dibuat Tuhan sebagai tempat murid Kristus dari segala suku, kaum, bangsa dan bahasa berkumpul, memuji menyembah Tuhan dalam harmoni dan kesatuan serta mendengar pengajaran rasul-rasul, dan menengking orang kuat kota tersebut bersama-sama !

India salah satu contohnya. Perintisan dilakukan tahun 1996 dan pada tahun 2010 telah berdiri 1.500.000 gereja dengan anggota 80 s.d 90 juta orang percaya berlatar belakang seberang. Ini real, ini nyata. Saya tidak sedang bercanda. Dan saya yakin bahwa Yesus-pun juga tidak sedang bercanda.

Mau contoh lain? kasih tahu gak ya...?

No comments:

Post a Comment